Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Hilangkan Jerawat dengan 6 Bahan Alami

Cara Hilangkan Jerawat

Cara Hilangkan Jerawat dengan 6 Bahan Alami ― Memiliki jerawat pada kulit wajah menimbulkan kurangnya rasa percaya diri saat beraktivitas. Masalah jerawat ini banyak dialami oleh remaja hingga dewasa usia 17-35 tahun.

Kenapa sih bisa muncul jerawat?

Rostamailis (2005: hlm. 108) menyebutkan bahwa jerawat merupakan peradangan yang disertai penyumbatan pada saluran kelenjar minyak kulit dari rambut, dan bila timbul infeksi maka akan menyebabkan penanahan.

Jerawat ini muncul akibat kelenjar minyak pada wajah kita mengalami peradangan. Peradangan tersebut menumpuk, mengeras, dan menyumbat permukaan kulit yang memicu pertumbuhan bakteri penyebab jerawat sehingga menimbulkan infeksi seperti penanahan atau kista.

Menghilangkan jerawat pada kulit wajah sangat diperlukan agar kita bisa tampil dengan percaya diri. Menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan jerawat sangat disarankan, karena aman digunakan, ramah lingkungan, mudah didapat dan harganya murah.

Nah berikut adalah 6 bahan alami yang bisa membantu kamu hilangkan noda jerawat pada kulit wajah.


1. MENTIMUN

Mentimun bisa dijadikan pembersih sekaligus pelembab untuk kulit wajah berjerawat. Buah Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi sehingga membuat kulit wajahmu terasa segar. Selain itu, mentimun juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan.

Cara pakainya pun sangat mudah. Kamu tinggal blender beberapa buah mentimun hingga halus, lalu oleskan pada kulit wajah yang berjerawat, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

 

2. BAWANG PUTIH

Bawang putih juga sangat baik untuk mengatasi masalah jerawat pada kulit wajah. Bawang putih mengandung antioksidan yang tinggi dan memiliki sifat anti bakteri. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan bawang putih.

Pertama adalah penggunaan secara langsung, yaitu dengan mengoleskan tumbukan halus bawang putih ke bagian kulit wajah yang berjerawat. Cara ini sangat efektif untuk menghilangkan jerawat. Namun jika kamu memiliki kulit yang sensitif saya anjurkan untuk tidak melakukan penggunaan secara langsung ini.

Cara kedua adalah dengan mengkonsumsi bawang putih secara rutin. Cara ini lebih aman untuk kamu yang memiliki kulit wajah sensitif. Mengkonsumsinya tidak harus mentah ya gaisss, mengkonsumsi masakan-masakan yang menggunakan bahan bawang putih.


3. TEH HIJAU

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan polifenol berupa epigallocatechin-3-gallate (EGCG) atau “Katekin” dalam jumlah banyak. Mengonsumsi secara langsung maupun menggunakan teh hijau untuk produk kecantikan dapat membantu menghilangkan noda jerawat serta bakteri yang bisa merusak sel kulit wajah.

Cara pakainya sangat mudah, rebus teh hijau dalam air mendidih sekitar 4 menit. Tiriskan rebusan teh hijau. Gunakan bola kapas untuk mengoleskan teh hijau ke kulit wajah. Atau masukkan rebusan teh hijau ke dalam botol semprot, lalu semprotkan ke kulit wajah hingga merata. Diamkan hingga mengering, lalu bilas dengan air bersih.

Anda juga bisa menggunakan daun teh hasil rebusan tersebut sebagai media masker wajah.


4. LIDAH BUAYA

Lidah buaya mengandung zat sulfur dan asam salisilat. Kedua zat tersebut sering digunakan sebagai obat untuk mengatasi jerawat pada kulit. Beberapa penelitian menunjukkan hasil yang signifikan dari zat sulfur dan asam salisilat dalam mengurangi noda jerawat.

Cara penggunaan lidah buaya yang paling simpel adalah dengan menjadikannya sebagai masker wajah. Ambil beberapa helai daun lidah buaya. Pisahkan gel lidah buaya dari kulit bagian luar. Oleskan gel lidah buaya ke kulit wajah hingga merata. Diamkan selama ± 30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

Lakukan selama 2 kali sehari, yaitu pada pagi hari dan malam hari menjelang tidur.


5. JERUK LEMON

Jeruk lemon mengandung asam askorbat dan asam sitrat yang dapat membantu menghilangkan noda jerawat. Cara penggunaannya, peras air jeruk lemon ke dalam wadah. Ambil kapas steril untuk membantu mengoleskan air perasan ke wajah. Cukup oleskan ke bagian yang ada noda jerawatnya. Lakukan hingga beberapa kali, dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilaslah menggunakan air bersih.


6. TOMAT

Tomat memiliki kandungan vitamin A dan  C yang dapat menghilangkan noda jerawat secara alami. Caranya penggunaannya, potong tomat menjadi beberapa bagian tipis. Letakkan potongan tomat ke bagian wajah yang mengalami jerawat. Diamkan selama ± 30 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih.


Itulah Tips & Trik Cara Hilangkan Jerawat dengan 6 Bahan Alami yang bisa saya bagikan. Apabila kulit wajah Anda memiliki kasus khusus seperti sensitif terhadap zat-zat tertentu, dan mengalami gejala seperti iritasi ketika menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan noda jerawat. Saran saya segera berkonsultasi dengan dokter.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

whyushack
whyushack Seorang Pemalas yang Menulis

18 comments for "Cara Hilangkan Jerawat dengan 6 Bahan Alami"

  1. Diantara 6 perawatan tersebut saya belum pernah sama sekali mencoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya yg sering menggunakan itu perempuan kak, soalnya kalo laki2 ketika ada jerawat cenderung acuh

      Delete
  2. Bentar, apakah tips di atas berlaku jga untuk jerawat aster?

    Aster= asmara terpendam πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. saat melakukan maskeran dgn salah satu bahan di atas, jerawat aster sedikit demi sedikit akan mulai pudar/hilang, namun tidak dengan asmaranya.

      Delete
  3. Yg saya tahu cuman pakek jeruk nipisπŸ€”πŸ€”

    ReplyDelete
    Replies
    1. jeruk nipis juga bisa kak, namun bagi yang memiliki kulit wajah yang sensitif tidak disarankan. Karena jeruk nipis memiliki tingkat keasaman yg lumayan

      Delete
  4. Pake bawang putih kayanya agak ekstrem

    ReplyDelete
    Replies
    1. pilih bahan yang aman buat kulit wajahnya kakak :)

      Delete
  5. Replies
    1. solusi menghilangkan jerawat kak, tp kalo tiba2 glowing karena bahan ini, itu bonus hehe

      Delete
  6. Ini masalah remaja banget..susah banget ngilangin jerawat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, karena jerawat suka bikin remaja gak pede

      Delete