Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Blog Bagi Pemula dan Bisa Hasilkan Jutaan Rupiah


Cara Membuat Blog Bagi Pemula

Cara Membuat Blog Bagi Pemula dan Bisa Hasilkan Jutaan Rupiah

Kelebihan Blog

Blog dibuat untuk mewadahi semua orang di dunia yang tertarik menulis. Namun bukan hanya sekedar untuk menulis, Anda juga bisa mendapatkan uang dari blog. Inilah kelebihan dari blog, mampu mengubah hobby menulis Anda menjadi sebuah penghasilan hingga jutaan rupiah.

Bahkan sudah banyak orang yang keluar dari pekerjaan kantoran dan memilih berkarya di dunia blog karena penghasilannya lebih besar dari pada sekedar bekerja di perusahaan orang lain.

Salah satu contoh blogger Indonesia yang sudah sukses adalah Timon Adiyoso (mastimon.com). Ia keluar dari pekerjaan kantoran yang gajinya hanya 5 jutaan per bulan dan memilih menekuni dunia blog. Sampai sekarang penghasilan Timon Adiyoso dari blog saja sudah mencapai Rp. 11 juta per bulan.

Kelebihan lain dari seorang blogger adalah Anda bekerja cukup di rumah saja, karena tugas utama seorang blogger adalah membuat artikel bermanfaat dan berkualitas kemudian mempostingnya di blog milik sendiri. Perlengkapan yang dibutuhkan adalah laptop, koneksi internet, dan otak untuk berpikir.

Selain itu, Anda akan memiliki waktu lebih banyak untuk keluarga karena waktu bekerja seorang blogger adalah fleksibel dan bagaimana maunya blogger tersebut.

Cara Membuat  Blog

Lalu caranya bagaimana sih agar bisa mendapatkan uang jutaan rupiah dari blog? Tentu saja langkah pertama Anda harus membuat akun blog.

Membuat akun blog sangat mudah sekali, Anda tinggal mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buatlah email dengan akun gmail
Agar dapat membuat blog maka terlebih dahulu Anda harus memiliki akun email berupa gmail.

2. Buatlah akun blog di www.blogger.com
Setelah memiliki akun gmail, masuk ke www.blogger.com dan klik create your blog.


Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut

  • Pada kolom judul tulis nama judul blog Anda (contoh: Kriminal Kuliner). 
  • Pada kolom alamat tulis nama alamat blog yang Anda inginkan (contoh: kriminalkuliner.blogspot.com).
  • Pastikan terdapat centang biru pada kolom alamat yang Anda masukan, hal tersebut menunjukkan ketersediaan nama alamat blog.
  • Jika sudah, Klik Buat Blog.
  • Akun Blog Anda sudah jadi!

3. Gunakan Template yang SEO
Template atau tampilan blog akan mempengaruhi kualitas blog Anda. Jika tampilannya menarik dan enak dipandang maka pembaca blog akan merasa nyaman. Selain itu template yang Anda gunakan juga harus Friendly dan SEO (Search Engine Optimization), hal ini bisa meningkatkan peringkat situs blog Anda dan meningkatkan jumlah pengunjung blog.


4. Buat Konten Blog Bermanfaat dan Menarik
Inti dari sebuah blog adalah konten, yaitu artikel. Buatlah artikel yang bermanfaat dan menarik untuk dibaca. Mengapa artikel harus bermanfaat dan menarik? Karena orang mencari sesuatu dengan internet untuk menjawab permasalahan yang sedang mereka hadapi, mencari wawasan pengetahuan dan pengalaman. Jika blog Anda tidak memiliki artikel-artikel bermanfaat dan menarik bagi pembaca maka pembaca pun enggan untuk mengunjungi blog Anda.


5. Promosikan Blog ke Media Sosial
Agar artikel Anda dapat dijangkau oleh pembaca tentunya langkah pertama bagi blogger pemula adalah dengan mempromosikan artikel blognya di media sosial seperti facebook, twitter, instagram, whatsapp, line, pinterest, dan lain-lain. Hal ini akan membantu meningkatkan jumlah pengunjung pada blog Anda.

 
6. Tingkatkan Kualitas SEO Blog Anda
Blog yang friendly dan SEO menjadi penting agar blog Anda dapat diterima Google AdSense (baca point nomor 7). SEO adalah upaya optimasi blog (website) untuk mendapatkan peringkat teratas di mesin pencarian google. Dengan mendapatkan peringkat teratas di mesin pencarian maka potensi pengunjung blog pun akan meningkat pesat. Salah satu langkah agar blog Anda berkualitas SEO adalah dengan mengaitkan blog Anda ke Google Webmaster Tools (Google Search Console).


7. Daftarkan ke Google AdSense
Anda bisa menghasilkan uang dari blog dengan beragam cara, dari endorsement hingga Google AdSense. Umumnya blogger mendapatkan uang dari Google AdSense, yaitu sebuah jasa periklanan yang disediakan oleh Google. Mekanismenya adalah pihak AdSense memasang iklan di situs blog Anda dan Anda berhak mendapatkan uang dari CPM (Click Per Mille) yaitu jumlah penayangan per seribu iklan di blog atau CPC (Click Per Cost) yaitu jumlah klik pada iklan yang dilakukan oleh pengunjung blog.



Selamat membuat Blog!
whyushack
whyushack Seorang Pemalas yang Menulis

10 comments for "Cara Membuat Blog Bagi Pemula dan Bisa Hasilkan Jutaan Rupiah"

  1. yah coba dr dlu lihat tulisan ini pasti aku gak pusing2 deh dlu bljr buat blog😁

    ReplyDelete
  2. Kalau daftar ke google adsense ada syarat umur blog harus berapa nggak Gan? Atau berapa jumlah Artikelny nggak???

    ReplyDelete
  3. Kapan ya bisa kayak mastimon

    ReplyDelete
  4. mantap nih cocok buat pemula yang bingung daftar blog

    ReplyDelete
  5. Optimistic bias, jutaan rupiah dari blog, kapan ya Allah..:)

    ReplyDelete
  6. saya juga pemula blogger terbantu dengan postingan ini

    ReplyDelete
  7. Eh ternyata gam9ang klo idah hapak mba...stay health

    ReplyDelete