Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anak Kosan - Lakukan 5 Olahraga Ringan Ini Dalam 15 Menit: Dijamin bikin Anda Sehat dan Bugar

Anak Kosan - Lakukan 5 Olahraga Ringan


Memang nyaman sekali rasanya bagi anak kos-an berbaring di tempat tidur sambil main gadget lihat story ig doi yang lagi dikagumi, scroll jajanan kuliner yang lagi hits, atau nonton drama korea yang bikin baper.

Apalagi jika hari libur duhh makin malas untuk keluar dari kamar kos, inginnya tetap berbaring di kasur yang empuk.

Tetapi jangan lupa sempatkanlah untuk berolahraga supaya badan Anda tetap sehat dan bugar. Jika badan Anda sehat dan bugar Anda akan terhindar dari berbagai jenis penyakit.
Jika badan Anda terlalu lama atau sering dibiarkan maka Anda akan gampang kelelahan saat beraktivitas.

Solusinya tentu dengan berolahraga. Tapi masalahnya bagi sebagian anak kos-an olahraga adalah sesuatu yang paling malas dilakukan. Entah itu karena lapangan olahraganya terlalu jauh dari tempat kos, atau karena terlalu sayang uang jika digunakan ke tempat gym, atau tidak ada teman untuk olahraga bareng, satu hal yang jelas adalah Anda MALAS.


“Lalu bagaimana sih caranya agar si Aku yang malas keluar kosan ini bisa berolahraga?” Jawabannya mudah, Anda bisa berolahraga di dalam kosan.

Pada dasarnya olahraga merupakan suatu aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur dengan menggerakkan tubuh secara berulang-ulang yang bertujuan untuk meningkatkan kebugaran dan menjaga kesehatan.

Jadi poin olahraga ada pada menggerakkan tubuh secara berulang-ulang yang terencana dan terstruktur. Untuk melakukan olahraga tidak harus melulu memerlukan tempat yang luas, di kamar kos yang tempatnya terbatas pun bisa dilakukan. Dan juga tidak harus olahraga yang berat, cukup yang ringan-ringan saja. Yang penting ada niat, punya rencana, dan lakukan!


Berikut adalah 5 gerakan olahraga ringan yang bisa Andalakukan di dalam kamar kos sendiri. Hanya dengan waktu 15 menit Anda bisa sehat dan Bugar. Anda harus mencobanya!

*sebelum mulai berolahraga saya sarankan Anda untuk minum air putih (baca: air mineral) sebanyak 300-500 ml.

1. Stretching Ringan: Statis              

Gerakan pertama adalah stretching ringan. Gerakan ini sangat cocok dilakukan sebagai permulaan berolahraga. Stetching ringan yang dilakukan adalah statis, tujuannya untuk meregangkan otot yang kaku. Gerakan ini sangat membantu apalagi bagi anak kos seperti Anda yang baru bangun tidur.

Lakukan gerakan stretching statis mulai dari bagian leher, tangan, pinggul, dan kaki. Gerakan dilakukan dengan 8 sampai 12 hitungan tiap satu set, lakukan 2 sampai 8 set gerakan pada tiap bagian tubuh.

Cukup lakukan stretching statis ini selama 4 menit.

2. Streching Ringan: Dinamis

Setelah melakukan stretching statis selanjutnya adalah melakukan streching dinamis. Apa bedanya dengan stretching statis? Jika stretching statis adalah meregangkan otot-otot dengan cara menahan gerakan tersebut selama beberapa hitungan, maka streching dinamis adalah meregangkan otot-otot dengan cara pengulangan selama beberapa kali hitungan.

Bagian tubuh yang digerakkan sama dengan stretching statis, yaitu bagian leher, tangan, pinggul dan kaki; kemudian ditambah dengan gerakan kombinasi. Gerakan dilakukan dengan 4 sampai 8 hitungan tiap satu set, lakukan 2 sampai 8 set gerakan pada tiap bagian tubuh.

Lakukan stretching dinamis ini selama 5 menit.


3. Sit Up

Gerakan ketiga adalah Sit Up. Gerakan ini sangat membantu Anda anak kos untuk menghilangkan sedikit demi sedikit lemak perut yang terlalu banyak makan atau ngemil.

Cara melakukan sit up, pertama ambil posisi berbaring terlentang sambil menekuk kedua lutut; lalu sentuhkan jari tangan pada bagian belakang telinga; lalu bangunkan tubuh dan sentuhkan dada ke paha; turunkan kembali tubuh ke bawah (posisi semula).

Lakukan gerakan sit up ini dengan cara dan postur yang benar agar tidak menimbulkan cedera leher dan punggung bagian bawah.

Bagi anak kos seperti Anda cukup lakukan 10 kali setiap set, istirahat 5 detik setiap set kemudian lakukan kembali hingga 5 set.

Lakukan sit up ini selama 2 menit.

4. Push Up

Gerakan keempat adalah Push Up. Gerakan ini sangat membantu Anda anak kos untuk memperkuat otot lengan dan dada.

Cara melakukan push up, pertama ambil posisi tengkurap di atas lantai (jangan di kasur, nanti ketiduran) hingga siku membentuk sudut 90 derajat; lalu angkat tubuh menggunakan lengan/gerakan mendorong lantai; turunkan kembali tubuh ke lantai (posisi semula). Jangan lupa atur napas Anda saat melakukan push up.

Lakukan push up cukup 10 kali setiap set, istirahat 5 detik setiap set kemudian lakukan kembali hingga 5 set.

Lakukan push up ini selama 2 menit.

5. Plank

Gerakan selanjutnya adalah Plank. Gerakan ini hampir mirip dengan gerakan bayi merangkak. 

Cara melakukan plank, pertama ambil posisi tengkurap di atas lantai dan turunkan lengan hingga bertumpu pada siku yang membentuk sudut 90 derajat (seperti mendorong lantai dengan siku); tahan posisi tersebut selama beberapa hitungan (detik). Jangan lupa atur napas Anda saat melakukan plank.

Jangan sampai menaikkan pinggul terlalu tinggi karena itu merupakan kesalahan umum saat melakukan plank.

Lakukan gerakan ini 10 kali setiap set dan istirahat 5 detik setiap set dengan 4 gerakan berbeda seperti: plank out, ticktock plank, rolling plank, dolphin plank, dll.
Lakukan plank ini selama 2 menit.

Setelah melakukan olahraga dengan 5 gerakan tersebut alangkah baiknya untuk melakukan pendingan agar otot-otot Anda menjadi lemas setelah berolahraga.

*selesai berolahraga saya sarankan Anda untuk minum lagi air putih (baca: air mineral) sebanyak 300-500 ml.

Bagaimana? Mudah dilakukan bukan? Anda hanya butuh 15 menit untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar. Akan sangat baik jika dilakukan setiap hari setelah bangun tidur. Dengan begitu tubuh Anda tidak akan mudah kelelahan dalam beraktivitas.

Mari berolahraga agar tubuh kita sehat dan kuat.


Ingat! Sakit itu mahal. Sedangkan sehat bisa kita dapatkan tanpa mengeluarkan uang 1 rupiah pun.

whyushack
whyushack Seorang Pemalas yang Menulis

1 comment for "Anak Kosan - Lakukan 5 Olahraga Ringan Ini Dalam 15 Menit: Dijamin bikin Anda Sehat dan Bugar"