Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Suzuki Madura GV 700 dan GV 1200: Motor yang Mirip Nama Pulau di Indonesia

Suzuki Madura GV 1200 & GV 700

Suzuki memang terkenal banyak melahirkan berbagai motor dengan bentuk unik. Bukan cuma itu saja, ternyata mereka juga pernah membuat motor bernama unik, yaitu Suzuki Madura. 

Ya, sebuah nama yang mirip dengan salah satu nama pulau di Indonesia. Namun tidak ada yang tahu pasti kenapa Suzuki menamai motor ini dengan nama Madura. Yang jelas, asal muasal penamaan ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan pulau yang terkenal sebagai penghasil garam tersebut.

Suzuki Madura awalnya diciptakan untuk menandingi Honda Magna, yang kala itu mulai merambah ke pasar Amerika dalam rangka menggeser dominasi cruiser buatan Amerika. Motor ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1985 dan terbagi menjadi dua varian jenis, yaitu Madura GV 700 gl dan Madura GV 1200 gl. Keduanya dibekali mesin berkonfigurasi sama yaitu vivor dengan kemiringan 82°.


Suzuki Madura GV 700GL dan GV 1200GL

Suzuki Madura GV 700GL mengusung mesin berkapasitas 698 cc (69mm X 46,7mm), V-4, DOHC, 16-Valve, TSCC berpendingin cairan 6-speed yang diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal 72 HP.

Sementara Suzuki Madura GV 1200GL mengusung kapasitas mesin lebih besar. Namun agak melenceng dari namanya, di mana mesin ini sebenarnya hanya punya kapasitas 1165 cc (78mm x 61mm) alias offside sekitar 35cc dari namanya. Mesin 1165 cc V-4, DOHC, 16-Valve ini diklaim mampu menghasilkan tenaga 117 HP pada 8.500 Rpm.

Tidak banyak catatan yang menuliskan detail tentang motor ini, yang jelas keduanya dulu merupakan cruiser yang telah dibekali berbagai teknologi canggih. Di antaranya seperti pendinginan mesin sudah radiator, shockbreaker belakang monoshock. pengereman cakram double disc depan, serta rem belakang juga sudah memakai cakram.

Satu lagi, penggerak roda belakang motor ini tidak pakai rantai ataupun belt seperti cruiser kebanyakan. Suzuki justru menggunakan gardan untuk menggerakkan roda belakangnya. 

Kalau dilihat-lihat, detail cruiser buatan Suzuki ini memang agak berbeda dari cruiser-cruiser kebanyakan. Bahkan untuk varian Madura GV 1200GL menawarkan mesin V-4 yang mampu meraung sampai 12.000 Rpm. Tidak heran Suzuki Madura dulu dijuluki sebagai power cruiser oleh beberapa majalah otomotif saat itu.

Kedua motor ini hanya dijual selama dua tahun saja, yaitu tahun 1985 sampai tahun 1986, dengan sabetan jumlah unit yang berhasil terjual sebanyak 5.099 unit.


Nah, itu dia pembahasan seputar motor unik bernama Suzuki Madura. Motor dengan nama yang mirip dengan salah satu pulau di Indonesia. Silahkan lanjutkan membaca artikel kami yang lainnya. Terima kasih atas support kalian ya.



Sumber: Bang Rossi

whyushack
whyushack Seorang Pemalas yang Menulis