Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daytona Anima 190, Mesin Ini Bikin Sakti Motor Bebek

 

Buat yang dulu pernah main racing-racing-an pastinya udah gak asing lagi sama produsen part performa asal Jepang ini. Nah selain dikenal memproduksi berbagai part racing, Daytona juga pernah mengeluarkan salah satu seri mesin, yaitu Daytona Anima. Daytona anima dibuat dalam tiga varian, yakni versi 150cc, 160cc, dan versi paling tinggi 190cc. Namun, pembahasan kita kali ini akan fokus pada Daytona anima 190 saja. 

Kalau dilihat sih, nampaknya tampilan mesin ini mengingatkan kita akan bentuk sebuah mesin motor bebek. Tapi jangan salah, meski bentuknya selonjoran, Daytona anima 190 mengusung spesifikasi yang sama sekali tidak bisa dipandang sebelah mata. 

Spesifikasi 

Mesin ini mengusung kapasitas 187,2cc, SOHC 4-valve dengan ukuran bore 62mm dan stroke 62mm, ditambah lagi magnet tipe kecil, kopling manual 6-plat serta transmisinya tersedia dalam 4-speed dan 5-speed. Mesin ini diklaim bisa menghasilkan tenaga 20-24 HP serta mampu meraung sampai putaran maksimal 12.900 Rpm.

Nah yang menarik, apabila mesin ini dipasang pada motor bebek tentu motor bebek tersebut seketika menjadi sakti. Dan dengan mudah bisa mengasapi motor-motor 150cc atau paling tidak bisa buntut dengan motor 250cc. 

Daytona anima 190 awalnya memang diciptakan sebagai mesin dengan performa tinggi khusus untuk motor-motor mini seperti Honda Monkey, Kawasaki Z-125, Honda C-125, CRF-50, dan lain-lain. Maka dari itu enggak heran bentuknya selonjoran. Soalnya mesin bawaan motor-motor mini tersebut rata-rata bentuknya juga selonjoran macam mesin motor bebek.

Berapa Harganya?

Untuk harganya sendiri, Daytona anima 190 terbilang cukup mahal, di mana di negara Amerika mesin ini dibandrol dengan harga 1.450 dollar atau setara 20 juta rupiah. Sementara di Indonesia kalau kita lihat di marketplace ada yang jual dalam kondisi baru dengan banderol seharga 23 juta rupiah. 

Alternatif Mesin Sama Seperti Daytona Anima

Tapi jika Daytona anima dirasa terlalu mahal, ada alternatif pilihan mesin lain atau lebih tepatnya ini adalah replika Daytona anima. Mesin tersebut adalah SND ZS 190 atau Zongshen  190cc. Nah kalau banderol harga mesin ini hanya setengah dari harga Daytona anima 190. Sementara untuk klaim horsepower SND ZS 190 tidak disebutkan. Namun pada spesifikasinya dituliskan bahwa torsinya bisa tembus 14 Nm.

Nah, gimana menurut temen-temen mengenai mesin yang bisa bikin motor bebek jadi sakti ini? Bikin sedikit kalian ngiler bukan? Oke, mungkin itu saja sedikit pembahasan tentang Daytona Anima 190cc ini. Jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya ya! Terima kasih sudah mendukung.



Sumber: Bang Rossi


whyushack
whyushack Seorang Pemalas yang Menulis