Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Praktis Menulis Artikel untuk Blogger Pemula hingga Publish

Cara Praktis Menulis Artikel untuk Blogger Pemula


Cara Praktis Menulis Artikel untuk Blogger Pemula hingga Publish — Bagi sobat yang baru terjun ke dunia blogger pasti sudah tahu bahwa tulisan adalah jantungnya blog. Salah satu jenis tulisan yang dimuat dalam blog adalah artikel. 

Artikel Blog berbeda dengan Artikel Ilmiah seperti skripsi, tesis, journal, dll. Artikel Ilmiah harus mentaati Pedoman Penulisan Karya Ilmiah untuk keperluan akademik. Sedangkan Artikel Blog tidak memiliki aturan khusus dalam teknik penulisannya karena untuk keperluan praktis. 

Panjang artikel blog bervariatif, biasanya berkisar 300 kata hingga 1.500 kata. Bagi sobat yang baru belajar menulis artikel blog, biasanya menulis artikel 300 kata saja sudah kesulitan. Oleh karena itu, saya mau sharing tentang cara praktis menulis artikel untuk blogger pemula hingga dipublikasikan.


7 Tahap Cara Praktis Menulis Artikel untuk Blogger Pemula hingga Publish 

1. Kemauan Menulis

Untuk mulai menulis artikel sobat harus menumbuhkan kemauan menulis pada diri sendiri. Seperti kata pepatah lama, "di mana ada kemauan di situ ada jalan". Apa pentingnya menumbuhkan kemauan menulis? Jika sudah ada kemauan maka secara sadar atau tidak sobat akan lebih mudah dalam melakukannya, dan punya motivasi lebih tinggi untuk bisa melakukannya.

Jika sobat menulis artikel tanpa dibarengi kemauan menulis, maka kemungkinan besar tulisan yang sobat hasilkan akan asal-asalan. Terkesan seperti tulisan asal jadi dan tidak rapih. Oleh karena itu, langkah pertama dari saya agar sobat dapat menulis artikel yang berkualitas baik adalah tumbuhkan kemauan menulis. 


2. Cari dan Dapatkan Ide

Langkah selanjutnya adalah mencari dan mendapatkan ide pikiran. Sebuah tulisan perlu memiliki ide pikiran tentang apa yang mau disampaikan kepada pembaca artikel? Ide pikiran yang sobat dapatkan akan menentukan topik apa yang hendak dibahas.  

Untuk mendapatkan ide menulis artikel, sobat bisa mendapatkannya dari:   

  • pengalaman pribadi atau seseorang
  • keahlian yang dimiliki 
  • keseharian hidup
  • pertanyaan seseorang
  • masalah yang muncul di sekitar

Jika sobat ingin menulis artikel dengan targetan di mesin penelusuran Google, sobat bisa memakai tools seperti BuzzSumo.com dan id.quora.com untuk mendapatkan ide. Platform tools tersebut dapat membatu sobat mencari tulisan yang sedang trending atau kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna Google.


3. Buat Kerangka (Outline

Setelah mendapatkan ide apa yang mau sobat tulis, langkah selanjutnya adalah mengekstrak ide tersebut menjadi sebuah kerangka (outline). Bisa dibilang kerangka (outline) adalah mindmap dari artikel yang akan ditulis. Kerangka (outline) biasanya berisi tentang poin-poin utama sebuah artikel.   

Cara membuat kerangka (outline):

  1. tentukan tema dari ide yang ingin ditulis
  2. kembangkan tema tersebut menjadi topik-topik yang lebih spesifik (judul dan sub-judul)
  3. tulis poin-poin yang ingin dibahas pada setiap topik.


4. Tulis Konten

Setelah sobat memiliki kerangka (outline) artikel, langkah selanjutnya tentu saja mulai menulis konten. Buatlah beberapa paragraf penjelasan pada setiap poin-poin kerangka (outline) yang sudah sobat buat.  

Cara menulis konten pada kerangka (outline):

  1. pahami poin-poin kerangka (outline) yang sudah dibuat
  2. tuliskan beberapa kata/diksi utama yang terpikir dari poin-poin tersebut
  3. kembangkan kata/diksi utama tersebut menjadi sebuah paragraf
  4. mulailah menulis paragraf per paragraf pada setiap poin-poin kerangka
  5. tulislah artikel sampai selesai dahulu.

Tulisan yang baik adalah tulisan yang selesai. 

Penting untuk pemula ketika dalam proses menulis harus menyelesaikan tulisannya. Jangan khawatir dengan kualitas tulisan, karena setelah tahap menulis ada tahap editing.

Kemudian dalam mengembangkan paragraf pada setiap poin kerangka (outline), saran saya minimal 2 paragraf. Untuk menulis paragraf awal bisa dengan:

  • gunakan pertanyaan
  • gunakan dialog 
  • gunakan masalah
  • gunakan fakta-fakta menarik

Tips: gunakan kalimat-kalimat yang relatif singkat, jangan terlalu panjang.

Agar artikel yang sobat tulis tampil lebih menarik, baiknya lengkapi artikel sobat dengan gambar.


5. Editing Tulisan

Proses editing diperlukan untuk memperbaiki dan mempercantik artikel yang sudah sobat buat. Langkah yang dilakukan dalam proses editing adalah:

  1. periksa kata per kata ada typo atau tidak
  2. periksa kalimat per kalimat, enak tidak kalimatnya dibaca? nyaman tidak kalimatnya dibaca?
  3. periksa fakta dan data yang termuat dalam artikel
  4. periksa struktur artikel, logis dan nyambung atau tidak, sudah oke atau belum.

Selalu baca kembali tulisan sebelum melakukan publish 


6. Publish Tulisan

Setelah sobat selesai editing dan artikel sudah dirasa oke, langkah selanjutnya adalah melakukan publish artikel. Karena ini judulnya cara praktis menulis artikel untuk blogger pemula, maka tempat publish-nya adalah platform blogger yaitu blogger.com, wordpress.com, dsb.

Selain platform blogger, sobat juga bisa mem-publish artikel di media cetak offline/online. Atau sobat bisa menjualnya ke website penyedia jasa copywriter artikel. Di sana sobat bisa mendapatkan uang dari artikel yang ter-publish


7. Latihan Terus Sampai Mahir

Setelah selesai menulis artikel pertama, sobat jangan berpuas diri dulu. Teruslah lakukan latihan menulis artikel sampai sobat mahir. Jika sobat sudah mahir, kemampuan menulis sobat akan bermanfaat baik itu untuk diri sendiri di pekerjaan maupun di masyarakat untuk keperluan sosial.  

whyushack
whyushack Seorang Pemalas yang Menulis

2 comments for "Cara Praktis Menulis Artikel untuk Blogger Pemula hingga Publish"

  1. Bener sih. Yang paling utama adalh kemauan. Tanpa itu nggak bakal jadi nulis artikel. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bu, kalau gaada kemauan susah untuk bergerak

      Delete