Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kebangkitan Baru! Honda Dax ST 125, Mini Bike Klasik Segera Masuk ke Indonesia

Bangkitnya Honda Dax 125

Pabrikan Honda memang terkenal memiliki banyak motor iconic yang digemari oleh banyak pecinta roda dua. Pada tanggal 14 kemarin (03/2022) mereka telah membangkitkan kembali salah satu motor mini mereka yang diberi nama Honda Dax ST-125.

Honda Dax sendiri sebenarnya sudah ada sejak tahun 1969. Motor ini dibuat oleh Honda karena terinspirasi oleh ras anjing asal Jerman, yaitu Datsun. Jenis anjing ini memiliki postur unik, di mana badannya panjang sementara kakinya pendek. Bentuk inilah yang kemudian diadaptasi oleh Honda menjadi wujud Honda Dax.


Ciri Khas Honda Dax

Honda Dax ST-125 terbaru masih mempertahankan ciri khas pendahulunya, di mana frame yang diusungnya menggunakan tipe monokok. Oh ya! Frame Honda Dax ini berbeda loh dengan frame punya Honda Monkey. Kalau diperhatikan monokok Honda Dax lebih mirip frame Honda S90, Suzuki A100, Yamaha L2 Super maupun motor sport bermesin selonjoran lain yang diproduksi pada tahun 70-80an.

Ciri khas lain yang juga masih dipertahankan dari Honda Dax lawas ini yakni headlamp depan bulat, jok, striping garis hitam-putih pada frame depan serta bentuk knalpot yang menggantung di atas. Sementara untuk komponen lain telah mengalami modernisasi. Misalnya seperti headlamp dan stoplamp sudah menggunakan LED, speedometer full digital. 

Lalu suspensi depannya memakai absedon 31 mm dipadukan dengan velg alumunium Cash Wheel  palang 5 berukuran 12 inchi. Kedua roda dibalut ban gambot 120/70 di bagian depan, sementara ban belakang berukuran 130/70. Untuk sektor pengereman, Honda telah menyematkan rem cakram depan belakang masing-masing memakai kaliper hidrolik 1 piston.

Tidak seperti Honda Monkey, dimensi jok Honda Dax ST-125 sedikit lebih panjang sehingga bisa buat berboncengan. Maka dari itu, bagian belakangnya telah dilengkapi footstep pijakan buat pembonceng. Ya, meskipun kurang proper juga kalau buat boncengan dua orang dewasa, setidaknya jok ini muat buat ngebonceng anak-anak.


Spesifikasi Honda Dax 125

Di sektor permesinan, Honda Dax ST-125 dibekali mesin berkapasitas 125cc, SOHC 2-valve berpendingin udara, full injection pgm-fi, 4-speed tanpa kopling. Sepertinya kita sudah tidak asing ya sama mesin yang satu ini, spesifikasi mesin ini mirip seperti mesin yang dipakai Supra X 125. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 9,2 HP di 7.000 Rpm serta torsi 10,8 Nm pada 5.000 Rpm.


Harga Banderol Honda Dax 125

Soal harga, pihak Honda Jepang belum mengumumkannya berapa harga resmi motor ini. Namun baru saja pada tanggal 22 kemarin, Honda Dax 125 juga dirilis di Thailand. Nah untuk harga di Thailand, Honda Dax 125 dibanderol dengan harga 84.900 Baht, atau kalau dirupiahkan sekitar 36,3 juta rupiah.

Sepertinya Honda Dax kemungkinan besar akan masuk ke Indonesia. Pasalnya beberapa saudaranya yang juga sama-sama motor kelas mini seperti Honda C 125, JT 125 dan juga Honda Monkey 125 juga dipasarkan oleh AHM. Ya, meskipun harga yang dibanderol tidak masuk akal, nyatanya hal tersebut tidak menjadi masalah bagi para pembeli.

Honda dax ST-125 tersedia dalam dua varian warna, yaitu Pearl Nebula Red dan Pearl Cadet Grey. 

Nah! Bagaimana pendapat teman-teman tentang Honda Dax ST-125 ini? Sangat menggemaskan untuk dikendarai bukan?


Sekian pembahasan mengenai Honda Dax ST-125 yang tak lama lagi akan segera hadir di Indonesia.  Jangan lupa baca artikel kami yang lainnya ya! Terima kasih atas support nya.




Sumber: Bang Rossi
whyushack
whyushack Seorang Pemalas yang Menulis