Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Seberapa Ganas Motor Honda NSF-250? Ini Dia Review nya

Review Moto3 Honda NSF-250R

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas motor 250cc termahal yang dijual oleh pabrikan Honda, motor tersebut adalah NSF-250.

Nah! Seberapa hebatkah motor ini sehingga Honda membandrol nya dengan harga yang cukup fantastis? Oke tanpa berlama-lama, akan segera kami bahas di sini!


Honda NSF-250 adalah Motor Khusus

Mungkin NSF-250 bukanlah nama yang familiar kita dengar, sebab motor ini bukanlah motor yang dipajang di dealer maupun di showroom. Selain itu, penggunaannya juga hanya boleh dipakai di sirkuit balap alias tidak legal dikendarai di jalan raya. 

Yaps! NSF-250 merupakan motor khusus untuk kebutuhan balap profesional. Diperkenalkan pertama kali ke publik pada tahun 2011, NSF-250 dipersiapkan oleh HRC sebagai pengganti Honda RS-125 yang dulunya merupakan motor balap GP 125. 

Karena format mesin 2-tak 125cc mulai dihapus sejak tahun 2012, ajang balap GP 125 2-tak berubah menjadi Moto3 yang menggunakan mesin 250cc 4-tak. Buat yang belum tahu, Moto3 merupakan kelas pertama bagi pembalap motor dunia sebelum naik level yang lebih tinggi seperti Moto2 dan juga MotoGP. 


Spesifikasi Honda NSF-250

Sebagai penerus, NSF-250 haruslah mempunyai kemampuan sepadan atau paling tidak bisa melampaui pendahulunya. 

Dijejali dengan mesin satu silinder berkapasitas 249,3cc (78mm x 52,2mm) DOHC, 4-valve, tapi jangan disamakan dengan mesin produksi massal seperti punya CBR-250R, Ninja Mono ataupun yang lainnya. Sebab tenaga yang dihasilkan mesin NSF-250 mencapai 47,5 HP di 13.000 Rpm serta torsinya 28 Nm pada 10.500 Rpm.

Head dan silinder mesin ini dilapisi nikel silikon serta klepnya terbuat dari bahan Titanium. Dengan tujuan mengurangi gesekan, tahan terhadap tekanan dan suhu berlebihan akibat Rpm tinggi, sehingga mesin NSF-250 mampu digeber sampai putaran maksimal 14.000 Rpm. 

Selain itu, mesin juga dibuat miring 15° ke belakang agar konsentrasi berat terpusat pada bagian tengah serta konstruksi mesin bisa lebih ringkas. 

Tidak seperti motor satu silinder pada umumnya, posisi throttle body diletakkan dibagian depan. Hal ini bertujuan agar saat melaju lubang pembakaran mendapatkan asupan tekanan udara lebih banyak dari arah depan. Sementara posisi knalpot berada di belakang. Bisa dilihat bahwa leheran knalpotnya ini tampak meliuk mengitari mesin.

Untuk sektor sasis, NSF-250 menggunakan sasis Twin spar berbahan aluminium yang diambil dari pendahulunya yaitu Honda RS 125 dengan sedikit ubahan agar sesuai dengan karakter mesin 4-tak. 

Bagian komponen lain seperti swing arm, footstep, segitiga stang, shock rem sampai tangki ternyata juga dibuat dari bahan aluminium. Sehingga bobot motor menjadi sangat ringan yaitu hanya 84 kg. Bahkan bobot ini cuma setengahnya rata-rata bobot motor 250cc zaman sekarang.

Dengan power 47,5 HP dipadukan dengan bobotnya yang super ringan otomatis perbandingan power to weight ratio yang dihasilkan sangatlah ideal. Tak heran NSF-250 bisa menembus kecepatan 200 Km/Jam dengan mudah. 


Harga Banderol Honda NSF-250 R

Saat ini Honda NSF-250 R tahun pembuatan 2022 dibanderol dengan harga £14.496 Poundsterling atau kalau dirupiahkan sekitar 271 juta rupiah. Untuk penjualannya sendiri tidak sembarangan karena motor ini diperuntukkan sebagai motor pembalap.

Biasanya HRC hanya menjual motor ini untuk para pembalap atau calon pembalap yang sudah terdaftar mengikuti suatu ajang balap. Misalnya seperti Asia Thailand Cup ataupun kejuaraan ETC di Eropa.


Honda NSF-250 Versi RW

Sebenarnya motor ini mempunyai versi lain yang lebih gokil lagi speknya, yaitu Honda NSF-250 RW. Namun versi ini tidak dijual secara umum ke pembalap karena lebih diperuntukan untuk tim-tim yang berlaga di Moto3.

Honda NSF-250 RW mempunyai tenaga mesin yang lebih besar yaitu 54 HP di 14.500 Rpm. Itu baru spek standarnya lho ya! Belum spek yang sudah dioprek oleh tiap tim-tim yang berlaga di Moto3. Yang jelas, motor ini punya performa yang lebih bagus.

Dengan spesifikasi yang lebih Advance dari NSF-250 R, tak heran kecepatan maksimal NSF-250 RW tidak mustahil bisa menembus sampai 250 Km/Jam.

Selain mesin, perbedaan yang bisa dilihat secara kasat mata adalah desain fairing-nya. Bentuk fairing NSF-250 RW terlihat lebih bulat dan terdapat lubang di bagian moncongnya. Pada bagian body belakang juga terlihat lebih nungging dan buntutnya lebih pendek. Perbedaan desain tersebut tentunya dimaksudkan untuk aerodinamika yang lebih bagus.

Saat ini, Honda NSF-250 RW menjadi tunggangan andalan pembalap Indonesia, yaitu Mario Suryo Aji yang berlaga di kelas Moto3. Kita support dan doakan saja semoga pembalap kebanggaan kita ini tetap bisa tampil konsisten dan diberi kelancaran sehingga bisa naik kelas balap yang lebih tinggi seperti Moto2 dan juga MotoGP. 


Nah, itu dia pembahasan mengenai Honda NSF-250 yang harganya lebih mahal dari pada ZX-25. Jangan lupa baca artikel kami yang lainnya ya. Terima kasih sudah mendukung.



Sumber: Bang Rossi


whyushack
whyushack Seorang Pemalas yang Menulis