Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kawasaki KLX 650, Seri KLX Paling Brutal!!

Kawasaki KLX-650 series

Kawasaki KLX merupakan salah satu pionir trail bermesin 4-tak di tanah air. Kehadirannya yang lebih dulu dibanding para kompetitor membuat namanya sudah tak asing lagi di kalangan masyarakat luas. Nah ngomongin soal KLX, Kawasaki pernah menghadirkan seri KLX yang mungkin bisa dibilang ini adalah seri KLX paling brutal yang pernah dibuat.

Seri KLX tersebut adalah KLX 650. Lebih tepatnya KLX 650 adalah Mbah nya Kawasaki KLX. Sebab motor ini diluncurkan pada tahun 1993. Kenapa bisa dibilang brutal? Hal tersebut tak lain karena mesin yang disematkan pada motor ini adalah sebuah mesin single silinder jumbo berkapasitas 651cc.

Spesifikasi Mesin

Konfigurasi yang diusungnya yakni DOHC, 4-valve, berpendingin cairan, pengabutan bahan bakar memakai karburator mikuni 40mm serta transmisinya 5 percepatan. Mesin KLX jumbo ini diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal 48 HP di 6.500 Rpm serta torsi 52 Nm pada 5.500 Rpm.

Untuk trail keluaran tahun 90-an awal, tenaga tersebut termasuk cukup besar mengingat segmen KLX 650 sendiri adalah trail dual-sport. Alias trail yang diperuntukkan baik itu untuk penggunaan jalan raya maupun penggunaan offroad.

Jadi nggak cuma jago di trek tanah, KLX 650 juga sanggup berakselerasi di jarak 400 meter dalam waktu 13,7 detik serta mampu mencapai top speed 161 Km/Jam. Ini sih kalau dibikin Super Moto saya yakin d-tracker maupun KLX terbaru sekalipun bakalan minder ketemu motor ini.

Sejarah Singkat KLX 650

Kawasaki KLX 650 awalnya diciptakan untuk menandingi Honda XR 650 yang saat itu populer di Amerika. Trail dual sport 4-tak Kawasaki saat itu hanya diisi oleh KLR 650, namun motor ini mempunyai kemampuan offroad yang terbatas.

Hal tersebut tidak mengherankan karena bobot kering KLR 650 sendiri berada diangka 153 kg. Ya kali mau offroad pakai motor seberat itu, yang ada badan jadi tekor semua. Akhirnya pada tahun 1993, Kawasaki menciptakan pesaing sepadan untuk Honda XR 650 dengan menghadirkan KLX 650. 

Berbekal basis mesin yang diambil dari KLR 650, Kawasaki meng-upgrade mesin tersebut dengan menambahkan blanching baru untuk mengurangi getaran mesin serta memakaikan ukuran klep yang lebih besar, sehingga tenaga mesin KLX 650 lebih besar 10% dari KLR 650.

Untuk sektor sasis, konstruksinya dibuat mirip seperti Trail SE Kawasaki saat itu yakni KX 500. Sasis ini dinilai lebih ringkas, ringan dan kuat. Disokong swing arm alumunium dan tangki lebih kecil, bobot KLX 650 pun menjadi lebih ringan 14 kg dari KLR 650.

KLX 650 dan pesaingnya Honda XR 650 sama-sama memiliki performa mesin yang kuat dan gak jauh berbeda. Namun KLX 150 tetap memiliki keunggulan tersendiri di mana konsumsi bbm-nya lebih irit, rata-rata menghasilkan 19 km per 1 liter bahan bakar. 

Ditambah lagi kapasitas tangkinya juga cukup besar mampu menampung 12 liter bahan bakar, sehingga daya jelajahnya bisa lebih jauh. Selain itu, penggunaan swing arm yang lebih panjang membuat KLX 650 lebih stabil apabila dipakai di jalan raya.

Ciri Khas Warna Mencolok

Kalau kita lihat, KLX 650 mempunyai tampilan yang unik di mana warna frame dan jok motor ini senada dan diwarnai dengan warna-warna mencolok seperti hijau, ungu dan biru. Oh ya, perpaduan warna yang nyentrik ini sempat dipakai kembali pada Kawasaki KLX 150 edisi khusus yang keluar tahun 2019 lalu. 

Meskipun memiliki kemampuan offroad yang lebih bagus, penjualan KLX 650 justru kalah laris dibanding KLR 650. Alhasil motor inipun tidak bertahan lama di pasaran. Seri KLX paling gahar ini akhirnya harus dihentikan produksinya pada tahun 1997.


Nah, itu dia pembahasan mengenai motor KLX-650 yang paling brutal yang pernah dibuat oleh Kawasaki. Jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya ya. Terima kasih sudah membaca.



Sumber: Bang Rossi

whyushack
whyushack Seorang Pemalas yang Menulis