Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Hindari Pembobolan Rekening karena Kartu SIM HP Mati

Cara Hindari Pembobolan Rekening akibat Kartu SIM Mati

Cara Hindari Pembobolan Rekening karena Kartu SIM HP Mati ― Banyak nasabah rekening perbankan yang menautkan nomor handphone dengan nomor rekeningnya untuk keperluan layanan digital. Alasannya, agar pengguna bisa melakukan transaksi lebih mudah, bisa kapanpun dan di manapun. Aplikasi digital seperti mobile banking (m-banking) dirasa sangat menghemat waktu pengguna untuk bertansaksi.

Namun Anda perlu berhati-hati jika nomor handphone yang tertaut sudah mati atau hangus. Nomor kartu SIM bisa mati karena Anda lupa mengisi pulsa hingga masa berlaku berakhir. Dan akan lebih parah jika Anda lupa bahwa nomor kartu SIM tersebut tertaut dengan akun perbankan atau akun e-commerce.

Hal itu dapat membahayakan akun perbankan Anda. Kode OTP yang dikirim melalui SMS ke nomor handphone lama dapat disalahgunakan oleh pelaku kejahatan untuk membobol rekening. Bukan hanya itu, pelaku kejahatan juga bisa saja membuka aplikasi pinjaman online untuk mendapatkan uang menggunakan nomor handphone lama tersebut.

Untuk menghindari bahaya pembobolan rekening, Anda harus segera memutuskan koneksi akun perbankan dari nomor handphone yang mati tersebut. Sebab sistem jaringan pada telepon seluler digunakan sebagai tulang punggung untuk layanan digital perbankan.

Saat kartu SIM mati, data-data pengguna seperti nomor KK dan KTP otomatis akan terhapus dari nomor handphone lama. Akan tetapi operator layanan tidak dapat menghapus koneksi nomor handphone lama ke berbagai layanan digital.

Kerugian dari Kartu SIM Mati  

kartu SIM yang mati (kadaluarsa) dapat menyebabkan banyak kerugian baik jangka pendek maupun jangka panjang. Apalagi jika kartu SIM kadaluarsa tersebut terkoneksi dengan akun aplikasi keuangan atau e-commerce.

Berikut adalah beberapa kerugian yang bisa terjadi jika kartu SIM yang biasa Anda gunakan sudah kadaluarsa dan tidak segera diganti.

  1. Nomor HP Anda tidak dapat melakukan maupun menerima panggilan.
  2. Nomor HP Anda tidak dapat mengirim maupun menerima pesan SMS.
  3. Nomor HP digunakan ulang oleh orang lain dan bisa disalahgunakan, seperti:
    • menghubungi orang yang Anda kenal dan meminta dikirim sejumlah uang tanpa sepengetahuan Anda;
    • menyalahgunakan kode OTP akun perbankan atau e-commerce untuk membobol rekening Anda;
    • menautkan ke berbagai situs maupun aplikasi pinjaman online untuk mendapatkan uang menggunakan data diri Anda;
    • dsb. 

Beberapa contoh kerugian di atas memang sangat mengerikan di jaman sekarang ini. Agar terhindar dari hal-hal yang dapat merugikan Anda ke depannya, sebaiknya segera lakukan pencegahan dengan cara berikut ini. 

Cara Hindari Pembobolan Rekening akibat Kartu SIM HP Mati

Berikut adalah cara untuk menghindari terjadinya pembobolan rekening akibat kartu SIM handphone yang sudah tak dipakai atau mati.

  1. Datangi cabang terdekat rekening perbankan Anda
  2. Datangi teller Customer Service (CS)
  3. Sampaikan keluhan Anda mengenai nomor handphone yang terkoneksi dengan m-banking sudah mati
  4. Minta CS untuk menonaktifkan nomor handphone lama, lalu alihkan ke nomor handphone baru.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memperbaharui nomor baru tersebut ke semua akun penting Anda, seperti media sosial whatsapp, facebook, instagram, linkedin, dan lain sebagainya.

Ingat! yang bisa mencegah terjadinya kejahatan digital adalah diri kita sendiri.

Itulah informasi cara agar terhindar dari pembobolan rekening akibat kartu SIM yang terkoneksi dengan aplikasi digital perbankan atau e-commerce sudah tak dipakai lagi (mati). Semoga dapat bermanfaat.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada yang membutuhkan informasi terkait.

whyushack
whyushack Seorang Pemalas yang Menulis