Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Daftar / Membuat Akun Tokocrypto via HP Android: 1 Menit Langsung Verifikasi KYC

Cara Daftar Akun Tokocrypto via HP Android

Cara Daftar/Buat Akun Tokocrypto vi HP Android ― Cryptocurrency kini menjadi platform investasi yang sedang trend di dunia. Ini terjadi karena orang terkaya dunia saat ini, Elon Musk memberi kode orang-orang untuk berinvestasi di Crypto. Bukan main, hanya dengan beberapa unggahannya di twitter, dalam sekejap pemilik akun Crypto dunia meningkat secara drastis.

Trend investasi Cryptocurrency juga terjadi di Indonesia. Tokocrypto adalah salah satu marketplace untuk jual beli aset crypto di Indonensia yang sedang bertumbuh dan berkembang. Sejauh ini tokocrypto merupakan marketplace paling aman untuk berinvestasi aset crypto di Indonesia.

Namun banyak yang masih kesulitan saat melakukan daftar / membuat akun di tokocrypto, termasuk saya. Hal ini karena tokocrypto menggunakan metode keamanan berlapis untuk membuat akun.

Pada artikel ini saya akan sharing tentang cara daftar / membuat akun tokocrypto menggunakan Hp Andorid dan dalam 1 menit setelah registrasi langsung diverifikasi KYC oleh tokocrypto.

Penjelasan Singkat Tokocrypto

Tokocrypto merupakan tempat untuk memperdagangkan Cryptocurrency menggunakan uang fiat-rupiah. Penggunaan tokocrypto dapat melalui situs tokocrypto.com dan melalui aplikasi iOS atau Android TokoCrypto.

Apa saja yang Perlu disiapkan?

Anda hanya perlu menyiapkan 3 poin di bawah ini untuk mendaftar / membuat akun di Tokocrypto. 

  1. HP Android (ya kan mau daftarnya via HP Android)
  2. e-KTP (Kartu Tanda Penduduk Elektronik
  3. e-mail (electroic mail address atau alamat surat elektronik

Cara Daftar/Buat Akun Tokocrypto via HP Android

Baiklah, ini dia cara untuk daftar atau membuat akun Tokocrypto menggunakan HP Android untuk keperluan investasi di Cryptocurrency pasar global. 

1. Buka situs www.tokocrypto.com di HP Android-mu, atau bisa klik di sini.

2. Pilih menu Daftar / Buat Akun

Cara Buat / Daftar Tokocrypto

3. Isi formulir Daftar / Buat Akun seperti contoh berikut

Cara Mengisi Formulir Tokocrypto
Masukkan alamat email, password, ID referensi, dan informasi tentang dari mana Anda mengetahui Tokocrypto. Untuk bagian ID referensi Anda bisa menggunakan punya saya, silahkan diambil saja:
5DP582Q3
atau langsung klik di sini. 

Kemudian beri centang pada bulatan ketentuan penggunaan lalu klik Daftar.
Setelah itu akan ada verifikasi puzzle, Anda hanya perlu menggeser potongan puzzle tersebut ke tempat yang semestinya.

4. Lakukan verifikasi email 
Verifikasi email Tokocrypto
Masukkan 6 digit nomor Kode verifikasi yang masuk ke email Anda. Jika verifikasi berhasil maka Anda sudah terdaftar di Tokocrypto namun statusnya belum verifikasi KYC tingkat 1.

Lakukan 4 (empat) tahap verifikasi KYC tingkat 1. 

Verifikasi KYC tingkat 1
Klik tombol "Memeriksa" pada bagian KYC tingkat 1 Individual seperti gambar di atas.
Setelah diklik, Anda harus menyelesaikan isian verifikasi KYC tingkat 1 yang terdiri dari:
  • status kebangsaan atau kewarganegaraan
  • unggah KTP elektronik
  • formulir identitas diri
  • unggah swafoto 2 (dua) gaya berbeda

Tahap 1: Pilih status kebangsaan 
Tahap 1 - Pilih Kebangsaan Tokocrypto
Pilih status kebangsaan Anda. Jika Anda berasal dari Indonesia, klik pada bagian Indonesia dan klik tombol selanjutnya. Jika Anda bukan berasal dari Indonesia, klik pada bagian Warga Negara Asing (WNA) lalu akan muncul pilihan berbagai negara.

Tahap 2: Unggah KTP elektronik 
Tahap 2 - Unggah KTP elektronik
Klik tombol unggah dokumen, lalu masukkan dokumen KTP elektronik Anda dengan file berbentuk Jpg/Png/Pdf. Pada bagian ini, agar cepat terverifikasi KYC tingkat 1 usahakan Anda mengunggah benar-benar KTP elektronik bukan SIM, Kartu Pelajar, atau kartu identitas jenis lainnya.

Tahap 3: Mengisi formulir identitas diri 
Tahap 3 - Isi Formulir Identitas Diri Tokocrypto
Masukkan identitas diri Anda dengan benar. Isian identitas diri yang diminta yaitu: 
Nama Lengkap: 
Nomor ID (KTP):
Pekerjaan: 
Tempat Lahir: 
Tanggal Lahir:
Alamat:
Kode Pos:
Provinsi:
Kota:

Pada bagian identitas diri ini, Anda isi saja sesuai dengan yang data yang tercantum pada KTP elektronik milik Anda. Karena pihak Tokocrypto akan melakukan verifikasi kecocokan data antara unggah KTP dengan isian identitas diri.

*Perhatikan kolom Nomor ID! yang diminta di situ adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdiri dari 16 digit nomor pada KTP Anda. Pengalaman saya gagal 2x verifikasi KYC tingkat 1 karena salah mengisi Nomor ID tersebut dengan 6 digit Nomor ID Tokocrypto. 

Tahap 4: Lakukan Swafoto dengan 2 (dua) gaya berbeda 
Tahap 4 - Swafoto / Selfi di Tokocrypto
Pada bagian ini Anda diminta melakukan swafoto atau selfie dengan 2 (dua) gaya berbeda. Yang pertama adalah swafoto gaya formal, dan yang kedua adalah swafoto berekspresi.

Pada swafoto berekspresi akan dipilih secara random oleh server, Anda tinggal mengikuti gaya sesuai ekspresi yang terpilih oleh server. Setelah itu, klik tombol Selesai.

Verifikasi KYC 1 Tokocrypto terkirim dan sukses
Jika sudah klik selesai, akan muncul tampilan seperti di atas. Terkirim dengan sukses! Verifikasi sedang berlangsung.

Anda hanya perlu menunggu 1 menit saja. Lalu cek notifikasi di e-mail Anda, dan klik tombol bulatan hijau pada bagian pojok kanan atas seperti gambar di bawah ini. 

Tampilan Verifikasi KYC1 telah diverifikasi 1
Pada bagian tersebut tertulis: Diverifikasi KYC1. Artinya akun Anda sudah berhasil terdaftar dan terverifikasi KYC tingkat 1. Apabila diklik akan muncul tampilah seperti berikut.
Tampilan Verifikasi KYC1 telah diverifikasi 2
Selamat!!!
Anda sudah bisa melakukan transaksi dan berinvestasi Cryptocurrency di Tokocrypto.

Bagaimana Jika Gagal Verifikasi KYC tingkat 1?

Apabila Anda gagal melakukan verifikasi KYC tingkat 1, akan muncul tampilan seperti berikut.
Tampilan Verifikasi KYC1 gagal terverifikasi
Artinya, KYC tingkat 1 Anda ditolak. Hal ini dikarenakan Anda melakukan kesalahan dalam mengisi 4 tahap verifikasi KYC tingkat 1, di antaranya:
  • Foto e-KTP tidak jelas.
  • Identitas diri yang diisi tidak sesuai dengan e-KTP.
  • Swafoto tidak jelas atau tidak sesuai dengan gaya ekspresi yang diminta server.

Solusi Jika Gagal Verifikasi KYC tingkat 1?

Jika Anda gagal verifikasi KYC tingkat 1, solusinya adalah dengan menghubungi CS Tokocrypto dan meminta untuk melakukan pengajuan verifikasi ulang.

Namun pengalaman saya, jika Anda gagal verifikasi KYC tingkat 1, lebih baik membuat akun baru dengan alamat email yang berbeda. Karena akan sulit dan lama jika tetap menggunakan alamat email yang sudah pernah ditolak. Tetapi pastikan kali ini melakukan isian verifikasi KYC dengan benar dan data yang sesuai.

Peringatan:

Jika ingin berinvestasi di Cryptocurrency pastikan Anda sudah memahami dengan sangat baik keuntungan dan kerugiannya. Jika hanya sekedar untuk mencoba-coba atau ikut-ikutan lebih baik jangan! Apalagi menggunakan uang yang tidak tenang. Investasi pada dasarnya adalah mengamankan aset atau uang dingin untuk kepentingan jangka panjang.

Demikian informasi tentang Cara Daftar/Buat Akun Tokocrypto via HP Android yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat buat kamu yang membutuhkan. Selamat berinvestasi! Dan Happy Cuan di Cryptocurrency bersama Tokocrypto!

whyushack
whyushack Seorang Pemalas yang Menulis