Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA AKTIVASI ULANG SIM CARD (KARTU TRI) SETELAH 5 TAHUN HANGUS

Cara Aktivasi Ulang Kartu SIM Card (Kartu Tri) Setelah 5 Tahun Hangus  Pasti sangat menyebalkan kalau kartu sim (sim card) yang dulu kita gunakan dan sudah tidak dipakai lagi bertahun-tahun karena hangus, tiba-tiba kita membutuhkannya kembali untuk keperluan tertentu. 

Masalah ini saya alami sendiri, ketika saya hendak mengganti setelan nomor handphone dan e-mail lama ke yang baru pada akun instagram serta akun facebook. Saya mau mengganti setelan nomor hp dan e-mail yang lama karena sudah tidak digunakan lagi, pertama nomor hp nya sudah hangus dan kedua e-mailnya lupa password.

Sialnya, saat mencoba menggantikan setelan tersebut pada akun instagram saya diminta untuk verifikasi e-mail atau nomor hp. Tentu saja saya tidak bisa verifikasi karena kode verifikasinya masuk ke e-mail yang tidak saya buka dan ke nomor hp yang sudah hangus. Akhirnya masalah baru muncul, instagram saya tidak bisa dibuka, padahal followers nya sudah lumayan banyak.

CARA AKTIVASI ULANG KARTU TRI SETELAH 5 TAHUN HANGUS
Suasana di 3Store Bandung Pada 09 Agustus 2019 (Foto Koleksi Pribadi whyushack.com)

Untuk mengatasi masalah tersebut ada dua pilihan, perbaiki e-mail yahoo saya atau aktivasi ulang sim card. Karena saya tidak bisa log in e-mail maka saya memutuskan untuk aktivasi ulang sim card saya. 

Kebetulan sim card saya adalah Kartu Tri (3) yang saya gunakan sejak SMA karena banyak gratisan telpon+sms (jaman dulu belum hits paket kuota seperti sekarang). Dan kartu ini sudah hangus sekitar 5 tahun lalu.




Akhirnya saya memutuskan untuk datang ke 3Store daerah saya yang berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda No.38, Bandung, dengan harapan kartu Tri saya bisa kembali aktif. 

Bagi Anda pengguna kartu Tri yang memiliki masalah serupa bisa datang ke 3Store terdekat di kota Anda. Silahkan cek lokasinya di sini: http://tri.co.id/3storelocation.

Cara Aktivasi Ulang Kartu SIM Card 3 (Tree) di 3Store

Waktu itu saya datang pada hari jumat (09-08-2019) pukul 14.00 WIB. Tiba di sana saya disambut baik oleh security yang kemudian memandu saya untuk mengambil nomor antrian dengan cara mengisi digital form yang sudah tersedia. 

Setelah selesai mendapat nomor antrian, saya menunggu sekitar 10 menit sambil main wi-fi sampai akhirnya dipanggil oleh Costumer Servise (CS) 3Store yang cantik. Kebetulan CS nya cantik-cantik karena ternyata semuanya perempuan.

CARA AKTIVASI ULANG KARTU TRI SETELAH 5 TAHUN HANGUS 1
Pelayanan CS di 3Store Bandung Pada 09 Agustus 2019 (Foto Koleksi Pribadi whyushack.com)

Saat saya baru saja duduk, mbak CS langsung meyapa dengan sambut (santun dan lembut) dan menunjukkan wajah siap membantu. Lalu tanpa basa basi saja sampaikan bahwa saya ingin mengaktifkan kembali kartu Tri saya yang sudah lama hangus. Saya kira akan ditanya-tanya macem-macem kayak mau minjem uang ke rentenir. Ternyata mbak CS dengan 'santuy' menjawab “Boleh mas, bisa saya pinjam dulu KTP nya?”

Alhasil saya pun meminjamkan KTP saya ke mbak CS. Tujuannya untuk mengecek hp tersebut  terdaftar dengan NIK saya. Saya pun waktu dulu lupa apakah mendaftarkan kartu tersebut sesuai NIK saya atau tidak. Jika pun tidak saya berharap ada solusi dari pihak 3Store agar nomor hp tersebut bisa kembali saya gunakan karena keperluan yang sangat penting dan mendesak.




Setelah dicek ternyata mbak CS bilang bahwa nomor hp saya bisa kembali karena nomornya sudah terblokir otomatis oleh pihak 3Store dan belum ada pelanggan lain yang menggunakan. Hati saya pun senang mendengarnya.

Lalu saya ditawarkan untuk biaya penggantiannya (aktivasi ulang kartu) sebesar 117.500 rupiah yang sudah termasuk dengan paket kuota 30 GB. Setelah saya cek tulisan papan di samping kanan ternyata biaya tersebut adalah biaya yang sama dengan membeli kartu kuota Tri perdana 30 GB.

CARA AKTIVASI ULANG KARTU TRI SETELAH 5 TAHUN HANGUS 2
Beberapa Macam Paket Perdana di 3Store Bandung Pada 09 Agustus 2019 (Foto Koleksi Pribadi whyushack.com)

Jadi sistematikanya adalah, saya membeli kartu kuota Tri perdana 30 GB dengan nomor tertentu, kemudian pihak CS menggantikan nomor tertentu itu dengan nomor saya yang mau diaktivasi ulang, dan identitas yang digunakan adalah identitas saya sesuai KTP, kemudian jadilah kartu saya yang lama tetapi serasa baru.

Kalau dulu memang biaya untuk aktivasi kartu hangus/hilang hanya sekitar Rp. 20.000-an sudah beres, tetapi tidak termasuk paket kuota. Jadi meskipun sekarang biayanya sekitar seratus ribuan bagi saya tidak tergolong rugi, karena pertama nomor hp yang sudah 5 tahun hangus bisa aktif kembali; kedua kartu versi jadul saya telah ter-upgrade dan kualitas sinyal lebih baik (setelah saya gunakan); lalu ketiga saya mendapatkan kuota 30 GB dengan masa aktif satu tahun. 

Tanpa berpikir panjang akhirnya saya mengiyakan dan membayar biaya aktivasi kartu kepada CS. Setelah itu saya menunggu selama 15 menit dan akhirnya kartu Tri saya bisa digunakan kembali. Kemudian masalah verifikasi akun instagram pun terselesaikan karena nomor Tri saya sudah aktif kembali. 

Begitulah pengalaman pribadi saya saat mengaktivasi ulang sim card (kartu Tri) yang sudah hangus selama 5 tahun. Bagi Anda yang memiliki masalah serupa dengan sim card: hangus, terblokir, rusak atau hilang, jenis/layanan sim card apapun kurang lebih tahapan prosedurnya sama dengan yang saya alami, yaitu datang dulu ke Store layanannya dan membawa kartu identitas, hanya mungkin dari segi biaya saja yang berbeda.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasi bersangkutan.


Untuk cara mengaktifkan nomor Kartu SIM provider lainnya yang bermasalah bisa Anda baca artikel ini:
whyushack
whyushack Seorang Pemalas yang Menulis